• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Mengenal Jenis Plastik dan Keuntungannya

Plastik memiliki kekuatan ajaib, rancangan struktural, dan fitur daur ulang yang sangat baik. Terdapat palstik yang dapat didaur ulang dan tak dapat didaur ulang. Kepingan atau limbah plastik dapat diproses ulang menjadi produk yang berguna seperti tas, peralatan makan microwave, kursi, meja, dekorasi, furniture, peralatan kesehatan, dan beberapa macam objek. Plastik terbuat dari polymer yang mengandung:
  1. Polyethylene terephthalate (PET) digunakan untuk wadah minuman seperti botol air, minuman ringan, dan kuah bumbu salad, sama halnya dengan industri pakaian.
  2. High-density polyethylene (HDPE) digunakan dengan kontak dengan makanan seperti botol susu, jus, dan larutan organik. HDPE juga dapat digunakan untuk tas sampah.
  3. Polyvinyl chloride (PVC) digunakan di rumah untuk pembuatan linoleum lantai, puncak mobil vinyl, jas hujan, gorden kamar mandi, dan pipa air.
  4. Low-density polyethylene (LDPE) digunakan untuk pengemasan seperti foil, nampan, tas makanan beku dan atau tas plastic, botol perasan untuk makanan dan bukan makanan. LDPE dapat digunakan juga sebagai lapisan pelindung kertas, tekstil, dan plastik lainnya.
  5. Polypropylene (PP) digunakan untuk peralatan makan microwave, tabung margarine, dan piring dan gelas sekali pakai. PP dapat digunakan juga untuk tali, dan karpet.
  6. Polystyrene (PS) atau styrofoam digunakan untuk karton telur, piring dan peralatan makan sekali pakai, dan pengiriman aman untuk produk rapuh. PS dapat digunakan juga untuk bahan pengemasan untuk mempertahankan panas atau dinginnya makanan.
Plastik dikategorikan berdasarkan kode identifikasi resin di mana polymer diidentifikasi. Melalui kode identifikasi seragam hingga tipe polymer, pendaur ulang dapat dengan mudah mengelompokkan plastik berdasarkan tipe resinnya. Daur ulang plastik memiliki cara dan kegunaan yang berbeda. Kode tersebut menyediakan pendaur-ulangan plastik agar layak secara ekonomi.
Sekarang, plastik tak hanya didaur ulang untuk tujuan bisnis tetapi juga alasan lingkungan. Semakin banyak plastik yang didaur ulang, semakin banyak uang yang disimpan, dan dalam waktu yang bersamaan, dapat lebih berkontribusi terhadap lingkungan. Dibandingkan dengan kayu, kertas, papan kartu, gelas, dan logam, plastik daur ulang merupakan sesuatu yang kompleks karena membutuhkan proses kekuatan tarik menarik intermolekulat antara rantai polymer yang lebih jauh.
Satu cara untuk pendaur-ulangan yang efektif dan efisien untuk plastik  adalah melalui menggunakan pewarna dan pengisi yang umum digunakan untuk botol minuman, tas plastik, demikian juga daur ulang lebih mudah dan banyak pilihan dengan cara ini. Plastik memiliki konstruksi yang kuat dan karakter yang tahan lama hingga produk baru, produk yang dapat digunakan kembali akan menghasilkan produk permanen dan berdurasi yang kurang dari aslinya.
Berbicara kebersihan, banyak produser meneliti lebih jauh untuk plastik biodegradablesementara orang lain berpikir banyak plastik berkontribusi sebagai bahan sampah yang akan menciptakan kerusakan lingkungan. Tetapi mereka tidak menyadari plastik dapat didaur ulang untuk kebutuhan manusia, sehingga mampu melestarikan bumi pertiwi.  Mengumpulkan produk seperti botol plastik, di luar tempat sampah dan bahkan TPA, dan identifikasi tipe polymer botol plastik merupakan cara praktis untuk daur ulang efektif. Dari waktu ke waktu, daur ulang plastik menjadi sumber pendapatan tanpa menyebabkan kerusakan lingkungan.

sumber : matoa.org

0 komentar:

Posting Komentar